LITERASI MATEMATIKA SEBAGAI DASAR DARI KOMPETENSI PROFESIONAL PADA CALON GURU MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi profesional mahasiswa pendidikan matematika sebagai calon guru matematika terkait literasi matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjeknya adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika semester 1 Universitas Pekalongan yang berjumlah 24 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa tes uraian yang terdiri dari 4 soal terkait materi trigonometri. Hasil analisis dari penelitian ini yaitu: pada soal nomor 1 menyelesaikan persamaan trigonometri didapatkan hasil (a) 33,3% mahasiswa menyelesaikan soal dengan tepat, (b) 20,83% mahasiswa menyelesaikan soal dengan kurang tepat, (c) 41,6% mahasiswa kurang mampu dalam menyelesaikan soal, dan (d) 4,16% mahasiswa tidak mampu menyelesaikan soal. Pada soal nomor 2 menyelesaikan masalah tentang persamaan trigonometri didapatkan hasil (a) 91,6% mahasiswa menyelesaikan soal dengan tidak tepat dan (b) 8,33% mahasiswa tidak mampu menyelesaikan soal. Pada soal nomor 3 menyelesaikan masalah tentang perbandingan trigonometri didapatkan hasil (a) 50% mahasiswa menyelesaikan soal dengan tepat, (b) 4,16% mahasiswa menyelesaikan soal dengan kurang tepat, (c) 37,5% mahasiswa kurang mampu dalam menyelesaikan soal, dan (d) 8,2% mahasiswa tidak mampu menyelesaikan soal. Pada soal nomor 4 menyelesaikan masalah tentang rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinusdidapatkan hasil (a) 87,5%% mahasiswa menyelesaikan soal dengan tepat, (b) 8,2%% mahasiswa menyelesaikan soal dengan kurang tepat, dan (c) 4,16% mahasiswa tidak mampu menyelesaikan soal. Hasil tersebut menggambarkan bahwa kemampuan literasi matematika mahasiswa calon guru matematika masih rendah terutama pada indikator penyelesaian soal masalah nyata terkait persamaan trigonometri