ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA

  • Ahmad Mansur Nawahdani Universitas Jambi
  • Maison Universitas Jambi
  • Dwi Agus Kurniawan Universitas Jambi
  • Defri Melisa SMA N 10 Batanghari, Jambi

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis proses pembelajaran dengan menggunakan model pjoject based learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMAN 10 Batanghari, sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru fisika kelas XI dengan teknik pegambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian ini yaitu model project based learning dan keterampilan proses sains dasar. Data diambil dengan cara melakukan wawancara terhadap sampel penelitian. Sedangkan Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu miles dan Huberman. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Model project based learning juga meningkatkan keaktifan dan semangat belajar peserta didik.

Published
2022-02-04
How to Cite
Nawahdani, A. M., Maison, Dwi Agus Kurniawan, & Defri Melisa. (2022). ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 348-354. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/185