PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP KARAKTER BERSAHABAT/KOMUNIKATIF SISWA PADA PELAJARAN FISIKA

  • Helmalia Putri, Maison, Dwi Agus Kurniawan, Edianto Simanjuntak Universitas Jambi
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Karakter Bersahabat/Komunikatif, Fisika

Abstract

Untuk mewujudkan keberhasilan dalam proses pembelajaran diperlukanĀ  upaya yang harus dilakukan oleh guru sebagai salah satu komponen penting dalam dunia pendidikan. Sehingga keberhasilan suatu pembelajaran bergantung pada cara guru mendesain pembelajaran yang berkaitan dengan model pembelajaran yang dipilih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Karakter Bersahabat/Komunikatif Siswa pada Mata Pelajaran Fisika dengan digunakannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMA Negeri 5 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah wawancara. Teknik wawancara yang dilakukan pemakalah yaitu dengan mengajukan pertanyaan yang berkaitan tentang pendidikan karakter bersahabat/komunikatif dan model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan hasil wawancara guru fisika SMA Negeri 5 Muaro Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa masih sulit memahami permasalahan karena guru sumber utama dalam proses pembelajaran dan karakter bersahabat/komunikatif kurang ditanamkan oleh siswa solusinya dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBl).

Published
2022-02-04
How to Cite
Simanjuntak, H. P. M. D. A. K. E. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP KARAKTER BERSAHABAT/KOMUNIKATIF SISWA PADA PELAJARAN FISIKA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 3(1), 363-370. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/189