ANALISIS PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT & TGT PADA MASA PANDEMI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DISMAN 2 MURATARA

  • Popi Asmara Universitas Jambi
  • Jimmi Dzulmandho Universitas Jambi
  • Sri Zakiyah Universitas Jambi
  • M.Hidayat Universitas Jambi
Keywords: Model pembelajran, Model Nht dan Tgt

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model kooperatif tipe NHT dan TGT pada masa pandemi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran fisika dan mengetahui kelebihan dan  kekurangan model pembelajaran ini. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah study kasus yang di peroleh melalui wawancara. Subjek dari penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Muratara. Sampel dalam penelitian ini adalah dua orang guru fisika di SMA Negeri 2 Muratara. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan 8  pertanyaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah miles and huberman dengan prosedur penelitian yaitu menganalisis  sumber literatur, menentukan instrumen, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyimpulkan data dari hasil  penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SMA Negeri 2 Muratara pada masa pandemi ini tidak menerapkan model pembelajaran tipe Nht ataupun Tgt dikarenakan kurangnya efisiensi waktu dan harus tetap mematuhi protokol kesehatan jika menerapkan model pembelajaran ini memicu terjadinya keramaian hal ini sangat bertolak dengan protokol kesehatan.

Published
2022-02-04
How to Cite
Asmara, P., Jimmi Dzulmandho, Sri Zakiyah, & M.Hidayat. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT & TGT PADA MASA PANDEMI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DISMAN 2 MURATARA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 371-377. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/193