Kajian Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Bangun Ruang

  • Joanna Ayuni Sara Universitas Sanata Dharma
  • Yeni Danawak Universitas Sanata Dharma
Keywords: Media pembelajaran, Augmented reality (AR), Bangun ruang

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu perantara dalam menyalurkan pesan dari guru kepada siswa sehingga tercipta pembelajaran yang efektif. Augmented reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam lingkungan yang nyata. Pemanfaatan augmented reality (AR) yang merupakan bagian dari perkembangan teknologi  dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam membelajarkan bangun ruang kepada siswa sehingga membuat pembelajaran matematika lebih interaktif. Maka tujuan dari kajian ini adalah untuk mendeskripsikan media pembelajaran augmented reality (AR) dalam pembelajaran bangun ruang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kajian pustaka terhadap buku-buku dan literatur sebagai sumber data. Setelah penelusuran literatur ditemukan bahwa augmented reality (AR) dapat digunakan sebagai media pembelajaran geometri bangun ruang yang interaktif. Dengan menggunakan teknologi ini diharapkan siswa dapat lebih tertarik mempelajari bangun ruang serta mampu meningkatkan kemampuan keruangan (spasial). 

Published
2022-01-30
How to Cite
Sara, J. A., & Danawak, Y. (2022). Kajian Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Bangun Ruang. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 240 - 247. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/200