Pengembangan Media Pembelajaran Biopuzzle Pada Pembelajaran Biologi Materi Daur Nitrogen Kelas X MIPA SMA/MA
Abstract
Proses pembelajaran akan lebih efektif salah satunya dengan menggunakan alat bantu media pembelajaran. Pelajaran biologi materi ekosistem daur nitrogen merupakan materi yang bersifat abstrak, sehingga materi daur nitrogen harus dijelaskan menggunakan media pembelajaran, walaupun begitu masih sedikit guru yang menjelaskan materi daur nitrogen dengan media pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran materi daur nitrogen. Tujuan dalam penelitian ini, yaitu: 1) Mengetahui karakteristik media pembelajaran biopuzzle pada pembelajaran biologi materi daur nitrogen kelas X MIPA SMA/MA; 2) Mengetahui deskripsi kelayakan (kevalidan) produk media pembelajaran biopuzzle pada pembelajaran biologi materi daur nitrogen kelas X MIPA SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE. Sampel penelitian ini yaitu satu dosen jurusan Pendidikan Biologi dan tiga guru IPA biologi SMA/MA sebagai validator. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Purposive. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi produk dan lembar wawancara terstruktur. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan lembar validasi produk dan melakukan wawancara tersruktur ke validator. Penelitian menghasilkan produk biopuzzle daur nitrogen dengan delapan karakteristik yang secara umum termasuk dalam kriteria sangat valid dengan persentase 100%. Artinya bahwa produk pengembangan tersebut layak digunakan untuk pembelajaran IPA biologi jenjang SMA/MA.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Biopuzzle, Daur Nitrogen