MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR

  • Gading Gading Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Andhi Suhandi MAN 1 Indramayu
  • Muhammad Taufan Universitas Wiralodra, Indramayu
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajran terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di Negeri 1 Indramayu. Metode pengambilan data pada penelitian menggunakan tes dan angket motivasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-8 dengan jumlah 36 siswa. Hasil analisis nilai rata-rata hasil belajar siswa menunjukan peningkatan. Siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 67,1, siklus II mencapai 89,26, siklus III mencapai 91,67. Sementara pada presentase rata-rata motivasi menunjukan motivasi belajar yang tergolong rendah namun mengalami sedikit peningkatan yakni siklus I mencapai 44%, siklus II mencapai 36%, siklus III mengalami sedikit peningkatan yaitu mencapai 50%.

Published
2024-01-21
How to Cite
Gading, G., Suhandi, A., & Taufan, M. (2024). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 5(1), 95-100. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/235