ANALISIS BIBLIOMETRIK INOVASI PEMBELAJARAN (LEARNING INNOVATIONS)

  • Suci Zuriati SMAN 4, Tanjungpinang
  • Bobby Briando Politeknik Imigrasi, Depok
  • Hindra Tumeida Jus SMAN 4, Tanjungpinang
Keywords: Analisis Bibliometrik, Inovasi Pembelajaran, Penelitian

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menganalisis kajian terkait inovasi pembelajaran Cara mengetahui perkembangan tersebut dengan melakukan analisis bibliometrik terkait dengan tahun publikasi penelitian; tipe dokumen dan sumber; negara dan afiliasi paling aktif yang melakukan kajian; analisis kata kunci dan penulis yang paling produktif. Data terkait tahun publikasi, tipe dokumen dan negara paling aktif dianalisis dengan menggunakan analisis dokumen di scopus. Sedangkan analisis kata kunci dan penulis yang saling terhubung satu dengan lainnya menggunakan software VosViewer. Untuk melihat penulis yang paling produktif menggunakan tabulasi prisma dari Harzing’s Publish or Perish. Hasil analisis menunjukkan bahwa Jumlah artikel terbanyak ditulis terkait learning innovations terjadi pada tahun 2021 dengan jumlah publikasi sebanyak 24 dokumen. Prosentase tipe dokumen tertinggi adalah dalam bentuk artikel, yaitu mencapai 117 dokumen. Negara yang paling aktif adalah Indonesia dengan jumlah publikasi sebanyak 33 dokumen. Afiliasi paling aktif adalah Universitas Negeri Malang sebanyak 6 dokumen. Inovasi pembelajaran terkait dengan learning systems, blended learning, innovation model, learning outcomes, educational technology dan social learning. Artikel teratas berjudul “Face-to-face, buzz, and knowledge bases: Sociospatial implications for learning, innovation, and innovation policy” dengan jumlah 435 kutipan. 

Published
2024-01-27
How to Cite
Zuriati, S., Briando, B., & Jus, H. T. (2024). ANALISIS BIBLIOMETRIK INOVASI PEMBELAJARAN (LEARNING INNOVATIONS). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 5(1), 153-165. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/242