PENGGUNAAN TEKNIK ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN VEKTOR

  • Fikri Hakam Alhaq Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Nandang Nandang Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Sri Wahyuni SMAN 2 Indramayu
Keywords: Teknik Ice Breaking, Vektor, Motivasi, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaan teknik ice breaking untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa dalam pembelajaran vektor. Di dalam ruang kelas, guru terkadang hanya menyajikan materi tanpa memperhatikan keadaan siswa dan proses pembelajaran. Akibatnya, siswa dapat dengan mudah merasa kebosanan, mengantuk, sehingga kehilangan fokus dalam proses pembelajaran.  Motivasi belajar siswa diidentifikasi sebagai faktor kunci dalam meningkatkan partisipasi dan kesuksesan belajar. Penelitian ini memanfaatkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan siswa kelas X-10 di SMAN 2 Indramayu. Pendekatan pembelajaran ini mengacu pada dua siklus dengan fokus pada perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil belajar diukur melalui tes, dan motivasi siswa dievaluasi melalui angket skala Likert. Siklus I menunjukkan hasil yang rendah dengan presentase 14%, dengan sebagian besar siswa memiliki motivasi belajar yang rendah dengan presentase 3%. Namun, pada siklus II, hasil belajar meningkat secara signifikan, dengan 77% siswa mencapai ketuntasan belajar dan motivasi siswa meningkat menjadi 71%. Penerapan teknik ice breaking terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, menciptakan suasana kelas yang lebih dinamis, dan meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa. Temuan ini mendukung pentingnya pendekatan kreatif dalam pembelajaran matematika untuk merangsang minat siswa dan meningkatkan hasil pembelajaran

Published
2024-01-15
How to Cite
Alhaq, F. H., Nandang, N., & Wahyuni, S. (2024). PENGGUNAAN TEKNIK ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN VEKTOR. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 5(1), 30-40. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/248