Implementasi Kuis Melalui Platform Kahoot Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Penyakit dan Kelainan Genetik Manusia Kelas XII SMAN 1 Jatibarang

  • Muhammad Ridho Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Sugianto Sugianto Universitas Wiralodra, Indonesia
  • Dhani Umi Lestari SMAN 1 Jatibarang, Indramayu
  • Lili Yuliana Universitas Wiralodra, Indonesia
  • Iin Nuraisyah Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Melani Melani Universitas Wiralodra, Indramayu
Keywords: Kahoot, lesson study, minat belajar, dan motivasi belajar

Abstract

Kahoot merupakan platform online yang bersifat interaktif yang dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah, ditampilkan dalam bentuk game online berupa kuis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa kelas XII di SMAN 1 JATIBARANG. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbasis pada lesson study yang dilakukan sebanyak 1 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksaan tindakkan, observasi, dan refleksi melalui kuis dari platform kahoot. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 2 di SMAN 1 Jatibarang sebanyak 22 orang. Berdasarkan hasil yang sudah diperoleh dan dibahas ternyata didapatkan bahwa implementasi kuis melalui platform kahoot ini bisa meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar.

Published
2024-02-23
How to Cite
Ridho, M., Sugianto, S., Lestari, D. U., Yuliana, L., Nuraisyah, I., & Melani, M. (2024). Implementasi Kuis Melalui Platform Kahoot Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Penyakit dan Kelainan Genetik Manusia Kelas XII SMAN 1 Jatibarang. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 5(1), 203-209. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/258