Implementasi Kuis Melalui Platform Kahoot Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Penyakit dan Kelainan Genetik Manusia Kelas XII SMAN 1 Jatibarang
Abstract
Kahoot merupakan platform online yang bersifat interaktif yang dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah, ditampilkan dalam bentuk game online berupa kuis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa kelas XII di SMAN 1 JATIBARANG. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbasis pada lesson study yang dilakukan sebanyak 1 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksaan tindakkan, observasi, dan refleksi melalui kuis dari platform kahoot. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 2 di SMAN 1 Jatibarang sebanyak 22 orang. Berdasarkan hasil yang sudah diperoleh dan dibahas ternyata didapatkan bahwa implementasi kuis melalui platform kahoot ini bisa meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar.