PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL PETA KONSEP DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 1 LOSARANG KABUPATEN INDRAMAYU

  • Karyadi Karyadi SMK Islam Terisi, Indramayu

Abstract

Fakta lapangan masih ditemukan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran biologi belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Masih rendahnya hasil belajar biologi siswa dapat disebabkan beberapa factor, antara lain kurangnnya minat belajar siswa untuk belajar biologi, dimungkinkan kurang tepatnya penggunaan metode dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan media pembelajaran Visual Peta Konsep dengan media pembelajaran Audio Visual pada materi sistem reproduksi manusia; 2) hasil belajar siswa yang yang lebih baik antara yang menggunakan media pembelajaran Visual Peta Konsep dengan media pembelajaran Audio Visual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian yaitu  seluruh siswa SMA Negeri 1 Losarang Indramayu tahun 2011/2012. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 2 33 siswa, sedangkan kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 1 30 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik Probality Sampling dengan jenis Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes yang valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran visual peta konsep nilai rata-ratanya adalah 80,7 dan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran audio visual nilai rata-ratanya adalah 89,56. Sedangkan nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) pada mata pelajaran biologi adalah 73. Maka hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran visual peta konsep dan media pembelajaran audio visual pada materi sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 1 Losarang Indramayu sudah memenuhi nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Audio Visual lebih baik dari pada media pembelajaran Visual Peta Konsep pada materi sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 1 Losarang Indramayu

Published
2023-12-09
How to Cite
Karyadi, K. (2023). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL PETA KONSEP DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 1 LOSARANG KABUPATEN INDRAMAYU. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 5(1), 210-216. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/259