ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM JARINGAN ISLAM TERPADU (JSIT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA IT IHSANUL FIKRI

  • Rifqi Ahlul Setiawan Universitas Tidar
  • Indarwati Indarwati Universitas Tidar
  • Ika Nurul Fadhilah Universitas Tidar
Keywords: JSIT, Kurikulum, Matematika

Abstract

Sekolah Islam Terpadu merupakan sekolah yang mengintegrasikan antara ilmu umum dengan ilmu agama, sehingga setiap pembelajarannya akan dimasukkan nilai keislaman. Sekolah Islam Terpadu menggunakan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) untuk mewujudkan pengembangan standar proses, pengelolaan pendidikan, dan pembentukan karakter siswa sesuai ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kuikulum JSIT pada pembelajaran matematika dan tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika di SMA Islam Terpadu (IT) Ihsanul Fikri. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, tim kurikulum bidang standar proses, guru pelajaran matematika, dan siswa di SMA IT Ihsanul Fikri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti itu sendiri yang dilengkapi dengan pedoman wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kurikulum JSIT pada pembelajaran matematika di SMA IT Ihsanul Fikri belum terlaksana dengan baik. Hal ini dikarenakan guru merasa kesulitan dalam mengintegrasikan nilai keislaman ke dalam beberapa materi matematika yang asbtrak. Selain itu, pengetahuan dan wawasan guru matematika mengenai kurikulum JSIT harus ditingkatkan kembali agar tercipta pembelajaran matematika yang efektif dan bermakna. 

Published
2024-12-29
How to Cite
Setiawan, R. A., Indarwati, I., & Fadhilah, I. N. (2024). ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM JARINGAN ISLAM TERPADU (JSIT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA IT IHSANUL FIKRI. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 6(1), 125-132. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/263