PENERAPAN GAME BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • Alda Marcelli Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Idah Hamidah Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Lian Novita Dewi MAN 1 Indramayu
Keywords: Game Based Learning, Kahoot, Motivasi Belajar

Abstract

Game Based Learning merupakan pendekatan inovatif dalam pendidikan yang memanfaatkan unsur-unsur permainan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur motivasi belajar siswa menggunakan model game based learning berbantuan Kahoot Pada siswa kelas XI 1 MAN 1 Indramayu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan model pre-experimental design One-shot Case Studi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI 1 MAN 1 Indramayu tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran berbasis permainan (game based learning) yang didukung oleh platform Kahoot berhasil digunakan untuk melihat motivasi belajar siswa. Sebanyak 25% siswa mendapatkan kriteria motivasi belajar yang baik sekali, 37% siswa berada pada kriteria baik, dan 37% siswa berada pada kriteria cukup. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa  mencapai kriteria baik (78%), artinya motivasi belajar siswa di nilai baik setelah belajar menggunakan model game based learning.

Published
2024-12-30
How to Cite
Marcelli , A., Hamidah, I., & Dewi, L. N. (2024). PENERAPAN GAME BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 6(1), 289-295. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/306