DESAIN PENELITIAN KUALITATIF: PENYEBAB PERMASALAHAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian dengan penyajian data secara lebih mendalam terhadap objek penelitian. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan desain yang akan dibuat dalam penelitian. Penelitian dilaksanakan di Desa Tugu Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan kualitatif deskriptif dan teknik analisis data menggunakan metode grounded theory berbantuan aplikasi atlas.ti. Metode grounded theory memiliki 3 pengkodingan yaitu pengkodingan terbuka, pengkodingan berporos dan pengkodingan selektif. Subjek penelitian berjumlah 5 siswa dengan rincian 2 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan yang bertempat tinggal di desa Tugu Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu dipiih menggunakan teknik purposive sampling atau teknik pemilihan responden berdasarkan kriteria peneliti. Hasil penelitian berupa desain penelitian kualitatif faktor penyebab permasalahan belajar siswa dalam pembelajaran matematika di masa pandemi covid-19.