METODE PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA MATERI TRIGONOMETRI

  • Shallsa Fadilla Rika Sari Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Diki Mulyana Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Siti Nurjanah SMAN 1 Lohbener, Indramayu
Keywords: Hasil Belajar, Motivasi Siswa, Trigonometri, Pembelajaran Kontekstual

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas mengenai peningkatan kemampuan belajar siswa kelas X semester ganjil materi Trigonometri dilator belakangi rendahnya persentase kemampuan hasil belajar siswa serta ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dimulaii siklus 1 tanggal 15 November 2023, siklus 2 tanggal 29 November 2023 dengan subjek penelitian siswa kelas X H SMA Negeri 1 Lohbener yang berjumlah 36 siswa tahun pelajaran 2023/2024. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan sebanyak 2 siklus, hasil belajar meningkat, siklus 2 meningkat sebesar 66% dari nilai siklus 1. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode Pendekatan Pembelajaran  Kontekstual dimana siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode tersebut memiliki peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar trigonometri. Selain itu, motivasi siswa juga mengalami peningkatan yang nyata

Published
2024-01-21
How to Cite
Sari, S. F. R., Mulyana, D., & Nurjanah, S. (2024). METODE PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA MATERI TRIGONOMETRI. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 5(1), 115-123. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/237