PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN MODEL PBL DI TINGKAT SMA

  • Barikatun Nabilah Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Denni Ismunandar Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Siti Nurjanah SMAN 1 Lohbener, Indramayu
Keywords: Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Trigonometri

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penggunaan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar materi trigonometri dan motivasi siswa. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil belajar materi trigonometri dan motivasi siswa menggunakan model problem based learning (PBL). Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melaksanakan 2 siklus. Tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil post-test dan angket motivasi belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-F SMA Negeri 1 Lohbener. Hasil analisis data hasil belajar yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus. Dengan rata-rata siklus I 37,06 dan siklus II 77,36. Presentase siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I 13,89% dan siklus II 80,56%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam materi trigonometri

Published
2024-01-27
How to Cite
Nabilah, B., Ismunandar, D., & Nurjanah, S. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN MODEL PBL DI TINGKAT SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 5(1), 134-144. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/240