CASE BASED LEARNING MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR

  • Salamun Husen Bajri Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Farid Gunadi Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Tamurih Tamurih MAN 1 Indramayu
Keywords: Case Based Learning, Hasil Belajar, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Case Based Learning
untuk meningkatkan hasil belaar dan minat belajar siswa pada materi sistem persamaan dan
pertidaksamaan linear. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di MA
Negri 1 Indramayu. Teknik pengumpulan data yang digunakn antara lain observasi dan tes. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X-2 berjumlah 28 siswa. Hasil pengolaan data dari hasil belajar yang
didpat pada siklus I diperoleh rata-rata 3,62 dengan persentase 38%. Pada siklus II diperoleh rata-rata
3,65 dengan persentase 25%. Pada siklus III mendapatkan rata-rata 3,42 dengan persentase 27%. Maka
peneliti menyimpulkan bahwa pmbelajaran menggunakan Metode case based learning (CBL) dapat
meningkatkan hasil belajar kelas X-2 MAN 1 Indramayu pada pelajaran matematika materi sistem
persamaan dan pertidaksamaan linear. Namun, pada minat belajar siswa metode case based learning
belum meningkatkan minat belajar siswa kelas X-2 MAN 1 Indramayu.

Published
2024-01-15
How to Cite
Bajri, S. H., Gunadi, F., & Tamurih, T. (2024). CASE BASED LEARNING MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 5(1), 1-8. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/243