PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA MANIPULATIF UKURAN SUDUT

  • Aiga Zahara Puji Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Sudaryanti Sudaryanti SDN Sekarmulya, Kecamatan Gabuswetan, Indramayu
  • Sunanto Sunanto SDN Sekarmulya, Kecamatan Gabuswetan, Indramayu
  • Mellawaty Mellawaty Universitas Wiralodra, Indramayu
Keywords: Hasil Belajar, Minat Belajar Siswa, Alat Peraga Manipulatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan minat siswa melalui pengunaan alat peraga manipulatif ukuran sudut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SDN Sekarmulya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi  Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain teknik observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sekarmulya dengan jumlah 10 orang.. Hasil pengolahan data hasil belajar yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus dengan rata-rata pada siklus. Peningkatan hasil belajar ini dapat dilihat dari siswa yang paham terhadap materi pelajaran, dapat mengerjakan soal yang diberikan oleh guru, dan meningkatkan nilai yang diperoleh siswa pada saat tes hasil belajar, dengan presentase pada siklus I 60% dan pada siklus II naik menjadi 80%. Peningkatan juga terjadi pada minat belajar siswa dengan perolehan data  pada siklus I nilai rata-rata minat yang diperoleh siswa adalah 65,41 dengan persentase ketuntasan belajar 70%. Pada siklus II, nilai rata-rata minat yang diperoleh siswa adalah 83,69 dengan persentase ketuntasan klasikal 90%.

Published
2024-01-15
How to Cite
Puji, A. Z., Sudaryanti, S., Sunanto, S., & Mellawaty, M. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA MANIPULATIF UKURAN SUDUT. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 5(1), 17-23. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/246