MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA MATERI MATRIKS

  • Juju Heriyah Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Mellawaty Mellawaty Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Misbahussurur Misbahussurur MAN 1 Indramayu
Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Motivasi Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada materi matriks. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di MAN 1 Indramayu. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain yakni teknik observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 25 siswa. Hasil pengolahan data hasil belajar yang diperoleh mengalami peningkatan dengan rata-rata pada Siklus I sebesar 70,00 dengan presentase siswa yang lulus KKM 60,87% dan rata-rata pada Siklus II sebesar 92,50 dengan presentase siswa yang lulus KKM 91,30%. Sedangkan hasil pengolahan data motivasi siswa yang diperoleh mengalami peningkatan dengan rata-rata pada Siklus I sebesar 2,76 dengan presentase 47% dan rata-rata Siklus II sebesar 3,51 dengan presentase 85%. Implikasi dari penelitian ini yaitu hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada materi matriks dengan dibuktikan adanya peningkatan nilai rata-rata baik nilai rata-rata hasil belajar siswa maupun motivasi siswa. Dengan demikian, penerapan model problem based learning dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) matematika di sekolah sebagai alternatif model pembelajaran untuk dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.  Manfaat dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini untuk membantu guru dalam menemukan masalah-masalah dalam pembelajaran di kelas yang menyebabkan hasil belajar dan motivasi siswa kurang dari KKM. Dengan diketahuinya masalah-masalah yang dihadapi siswa tersebut tentunya guru akan memperbaiki kinerjanya dalam mengajar dan memperhatikan beberapa hal seperti model, metode, teknik, media, yang akan digunakannya dalam mengajar, begitupun dengan siswa, mereka akan meningkatkan cara belajarnya untuk mendapatkan nilai yang memuaskan. Selain itu, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan untuk memberikan perbaikan secara langsung terhadap permasalahan yang terjadi di MAN 1 Indramayu khususnya di dalam kelas dan menemukan solusi penyelesaian baru dalam permasalahan yang dihadapi. Melalui cara ini, diharapkan dapat terjadi peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa dengan model Problem Based Learning (PBL).

Published
2024-01-15
How to Cite
Heriyah, J., Mellawaty, M., & Misbahussurur, M. (2024). MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA MATERI MATRIKS. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 5(1), 9-16. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/245