MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA MATERI MATRIKS

  • Imelda Nurul Fitri Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Misbahussurur Misbahussurur MAN 1 Indramayu
  • Rosyadi Rosyadi Universitas Wiralodra, Indramayu
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Matrik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada materi matriks. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di MAN 1 Indramayu. Teknik pengambilan data digunakan antara lain teknik observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 29 siswa. Hasil pengolahan data hasil belajar yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus dengan rata-rata pada siklus I 38,64% dan siklus II 91,36%. Hasil uji efektivitas yang diperoleh siklus I masih termasuk kriteria Rendah dan siklus II termasuk kriteria Sedang. Sedangkan hasil pengolahan data motivasi yang diperoleh  mengalami peningkatan pada setiap rata-rata siklus 32%

Published
2024-01-15
How to Cite
Fitri, I. N., Misbahussurur, M., & Rosyadi, R. (2024). MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA MATERI MATRIKS. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 5(1), 24-29. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/247