IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMAN 1 JATIBARANG
Abstract
Pembelajaran di kelas cenderung teoretis dan tidak terkait dengan lingkungan dimana siswa itu berada. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dilaksanakannya pembelajaran contextual. Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru menghubungkan antara materi pelajaran yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati dengan menggunakan metode pendekatan kontekstual berbasis lesson study. Subjek penelitian merupakan 30 orang siswa Sekolah Menengah Atas yang diberikan perlakuan dalam satu kali siklus penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini didapatkan melalui tes dan angket melalui google from. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada minat dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode pendekatan kontekstual pada materi keanekaragaman hayati.