IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMAN 1 JATIBARANG

  • Atit Suhati Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Sugianto Sugianto Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Rina Rahayu SMAN 1 Jatibarang, Indramayu
Keywords: Pendekatan kontekstual, lesson study, dan minat belajar

Abstract

Pembelajaran di kelas cenderung teoretis dan tidak terkait dengan lingkungan dimana siswa itu berada. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dilaksanakannya pembelajaran contextual. Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru menghubungkan antara materi pelajaran yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati dengan menggunakan metode pendekatan kontekstual berbasis lesson study. Subjek penelitian merupakan 30 orang siswa Sekolah Menengah Atas yang diberikan perlakuan dalam satu kali siklus penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini didapatkan melalui tes dan angket melalui google from. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada minat dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode pendekatan kontekstual pada materi keanekaragaman hayati.

Published
2024-02-02
How to Cite
Suhati, A., Sugianto, S., & Rahayu, R. (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMAN 1 JATIBARANG. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 5(1), 178-184. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/255