EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SIRKULASI DI SMAN 2 INDRAMAYU

  • Laelatul Usyriyah Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Eva Yuliana Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Sari Ayu Trisna SMAN 2 Indramayu
Keywords: hasil belajar, model pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL), XI MIPA SMAN 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa. Peningkatkan hasil belajar siswa, ketuntasan siswa, dan keefektifan model Problem based learning (PBL) variable bebas adalah model model pembelajaran Problem based learning (PBL) sedangkan variable terikat adalah hasil belajar kognitif siswa. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Indramayu yang berjumlah 34 Peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa aktivitas siswa berada pada kategori “aktif” rata-rata postetts hasil belajar berada pada kategori “sangat baik”, rata-rata gain ternomalisir berada pada kategori “tinggi”, ketuntasan hasil belajar siswa melebihi 85%, penggunaan model pembelajaran Problem based learning (PBL) pada materi sistem sirkulasi di kelas XI MIPA SMAN 2 Indramayu efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
2024-02-03
How to Cite
Usyriyah, L., Yuliana, E., & Trisna, S. A. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SIRKULASI DI SMAN 2 INDRAMAYU . Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 5(1), 195-202. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/257