MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR

  • Gading Gading Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Andhi Suhandi MAN 1 Indramayu
  • Muhammad Taufan Universitas Wiralodra, Indramayu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajran terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di Negeri 1 Indramayu. Metode pengambilan data pada penelitian menggunakan tes dan angket motivasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-8 dengan jumlah 36 siswa. Hasil analisis nilai rata-rata hasil belajar siswa menunjukan peningkatan. Siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 67,1, siklus II mencapai 89,26, siklus III mencapai 91,67. Sementara pada presentase rata-rata motivasi menunjukan motivasi belajar yang tergolong rendah namun mengalami sedikit peningkatan yakni siklus I mencapai 44%, siklus II mencapai 36%, siklus III mengalami sedikit peningkatan yaitu mencapai 50%.

Diterbitkan
2024-01-21