PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN LITERASI SAINS MENGGUNAKAN WEB GOOGLE SITES

  • Cleverin Namara Tansa Universitas Sebelas Maret
  • Widha Sunarno Universitas Sebelas Maret
Keywords: Literasi Sains, Media Pembelajaran, Web Google Sites, PBL-STEM

Abstract

Dalam proses pembelajaran fisika, seorang siswa perlu untuk memiliki kemampuan literasi sains untuk membantu pemahamana konsep sains yang akan dipelajari, namun literasi sains siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Rendahnya literasi sains siswa di Indonesia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya sumber belajar berbasis literasi sains dan penggunaan model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran fisika untuk membantu meningkatkan literasi sains menggunakan web google sites serta mengetahui hasil validasi media pembelajaran yang telah dibuat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian mengikuti model yang dikembangkan oleh Richey dan Klein, yaitu PPE. Penelitian ini meliputi tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pembuatan, dan tahap evaluasi. Hasil dari penelitian ini berupa media pembelajaran yang terususun atas beberapa bagian, diantaranya adalah sampul, halaman pendahuluan, capaian pembelajaran, profil pelajar pancasila, tujuan pembelajaran, peta penyajian konsep, kegiatan pembelajaran, contoh soal, soal evaluasi, refleksi, glosarium, daftar pustaka, saran dan komentar. Media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh hasil validasi dengan total skor keseluruhan adalah 147 dari 156 dan memenuhi kriteria sangat baik.

Published
2024-12-29
How to Cite
Tansa, C. N., & Sunarno, W. (2024). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN LITERASI SAINS MENGGUNAKAN WEB GOOGLE SITES. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 6(1), 183-190. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/272