METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA NEARPOD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA

  • Elfira Ade Lita Universitas Wiralodra, Indonesia
  • Mellawaty Mellawaty Universitas Wiralodra, Indonesia
  • Tamurih Tamurih MAN 1 Indramayu, Indonesia
Keywords: Problem Based Learning, Media Nearpd, Hasil Belajar Matematika Siswa, Motivasi Siswa

Abstract

Pembelajaran pada topik Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear masih sering mengandalkan pendekatan serta alat tradisional, yang berdampak pada menurunnya prestasi dan semangat belajar siswa. Oleh sebab itu, diperlukan pendekatan yang mampu meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa, salah satunya adalah pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan dukungan media Nearpod. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan Problem Based Learning (PBL) berbantuan Nearpod dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Indramayu dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siswa kelas X-2 yang dijadikan subjek penelitian berjumlah 26 siswa. Penilaian formatif yang mengukur hasil belajar matematika siswa dan angket yang mengukur motivasi siswa merupakan alat yang digunakan dalam penelitian ini. Pada akhir siklus implementasi, alat ini disediakan. Hasil pengolahan data dari hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 53,27 dengan presentase 23,077% hal ini dapat dikatakan bahwa kriteria pada tindakan siklus I tergolong rendah. Pada siklus II diperoleh rata-rata 78,65 dengan presentase 80,769% hal ini dapat dikatakan bahwa tindakan siklus II mengalami peningkatan atau tergolong ke dalam kriteria sangat tinggi. Pada siklus I hasil pendataan motivasi siswa sebesar 38,46% karena target motivasi belajar siswa sebesar 75%, sedangkan pada silus I motivasi siswa dalam belajar sangat rendah atau bahkan tidak ada sama sekali. Karena target pembelajaran mencapai 75%, maka presentase motivasi mengalami peningkatan menjadi 80,77% pada siklus II. Pada siklus II motivasi belajar siswa tinggi atau termotivasi selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil diatas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan media Nearpod dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi X-2 MAN 1 Indramayu pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier

Published
2024-12-28
How to Cite
Lita, E. A., Mellawaty, M., & Tamurih, T. (2024). METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA NEARPOD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA . Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 6(1), 15-23. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/280