MEDIA ANDROID BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA
Abstract
Pembelajaran materi transformasi geometri masih banyak menggunakan media yang konvensional sehingga hasil belajar dan minat siswa juga menurun, sehingga diperlukan media yang membuat hasil belajar dan minat siswa semakin meningkat salah satunya dengan menggunakan media Android. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar minat siswa pada materi transformasi geometri melalui media Android berbasis Problem Based Learning (PBL). Penggunaan aplikasi TaoMath di kelas XI-C SMAN 1 Lohbener. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi TaoMath dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan minat siswa. Rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 77,6 pada siklus I menjadi 78,1 pada siklus II. Presentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 59,4% (19 siswa) pada siklus I menjadi 78,1% (25 siswa) pada siklus II. Selain itu, minat belajar siswa meningkat berdasarkan hasil observasi, dengan rata-rata skor yang naik dari 3,72 (kategori cukup tinggi) pada siklus I menjadi 3,95 (kategori tinggi) pada siklus II. Penggunaan aplikasi TaoMath juga mampu memfasilitasi pembelajaran berbasis PBL, mendorong keterlibatan aktif siswa, dan memberikan antusiasme belajar yang lebih menyenangkan. Berdasarkan hasil tersebut, aplikasi TaoMath berbasis PBL terbukti dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi transformasi geometri