MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI DENGAN PENDEKETAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI LINGKARAN

  • Muhammad Anton Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Wiralodra
  • Wiwit Damayanti Lestari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Wiralodra
  • Ita Duhita Puri SMAN 2 Indramayu
Keywords: Motivasi, Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi lingkaran. CTL merupakan pendekatan pembelajaran yang mengaitkan materi pelajaran dengan konteks kehidupan nyata, memungkinkan siswa untuk memahami konsep dengan lebih mendalam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, mengikutsertakan siswa kelas XI-1 sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, angket motivasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL diupayakan agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terbukti dengan peningkatan rata-rata nilai siswa dari siklus pertama ke siklus kedua. Di samping itu, motivasi siswa adanya motivasi belajar yang tinggi, partisipasi aktif, dan peningkatan kepercayaan diri dalam proses pembelajaran.

Published
2024-12-30
How to Cite
Anton, M., Lestari, W. D., & Puri, I. D. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI DENGAN PENDEKETAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI LINGKARAN. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 6(1), 105-114. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/289