PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MINAT MELALUI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION

  • Mohamad Oca Setiawan Universitas Wiralodra, Indonesia
  • Nandang Nandang Universitas Wiralodra, Indonesia
  • R.R. Sri Wahyuni SMA Negeri 2 Indramayu

Abstrak

Hasil belajar garis singgung persekutuan dua lingkaran mencakup pemahaman peserta didik tentang konsep dan karakteristik garis singgung pada lingkaran serta kemampuan untuk mengidentifikasi, menggambarkan, dan menerapkan konsep garis singgung pada kehidupan sehari-hari. Namun kenyatanya hasil belajar garis singgung lingkaran menunjukkan pencapaian yang kurang memuaskan. Banyak peserta didik kesulitan memahami konsep dasar garis singgung lingkaran, terutama yang berkaitan dengan penerapan rumus. Ini berdampak pada kemampuan mereka untuk menyelesaikan soal garis singgung lingkaran, yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik tidak memenuhi standar minimal (KKTP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pada hasil belajar dan minat peserta didik pada penggunanan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini melibatkan 31 peserta didik di kelas XI-5 di SMAN 2 Indramayu. Pada siklus pertaI, nilai post-test rata-rata adalah 53,39 dan skor angket rata-rata adalah 3,86. Dari 31 peserta didik, 14 mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) pada post-test, dan 18 menunjukkan minat berdasarkan angket. Hasil dari siklus I menunjukkan bahwa 45,16% peserta didik mencapai KKTP pada post-test dan 58,06% menunjukkan minat tergolong rendah berdasarkan angket. Pada siklus II , nilai post-test rata-rata adalah 78,06 dan skor angket rata-rata adalah 3,93. Dari 31 peserta didik, 24 mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) pada post-test, dan 24 menunjukkan minat berdasarkan angket. Hasil dari siklus II menunjukkan bahwa 77,42% peserta didik mencapai KKTP pada post-test dan 77,42% menunjukkan minat tergolong tinggi.

Diterbitkan
2024-12-28