PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN APLIKASI ANDROID

  • Lola Aulia Rizqi Universitas Wiralodra, Indonesia
  • Farid Gunadi Universitas Wiralodra, Indonesia
  • Iman Permana Hadi SMA Negeri 1 Sindang
  • Aminudin Aminudin SMA Negeri 1 Sindang

Abstrak

Minimnya pencapaian belajar dan minat siswa masih menjadi persoalan yang signifikan dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pencapaian hasil belajar dan minat siswa dalam memahami materi trigonometri melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan aplikasi Android. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berlangsung di kelas X-L SMA Negeri 1 Sindang selama dua siklus, masing-masing mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dengan melibatkan 36 siswa sebagai subjek, penelitian ini berfokus pada peningkatan hasil belajar dan minat mereka terhadap pembelajaran. Hasil penelitian mengindikasikan peningkatan yang nyata dalam pencapaian belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor 84,72 (ketuntasan 77,77%) menjadi 91,67 (ketuntasan 91,67%) pada siklus II. Minat siswa juga meningkat dari 70,5% pada siklus I menjadi 71,75% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TPS berbantuan aplikasi digital Android efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan minat siswa terhadap materi trigonometri. Selain itu, model TPS yang mendorong keterlibatan penuh melalui tahapan Think (berpikir), Pair (berpasangan), dan Share (berbagi) mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna, dinamis, dan atraktif. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model TPS berbasis teknologi sebagai inovasi dalam pembelajaran matematika untuk mendukung peningkatan kualitas Pendidikan. Hal ini dapat disimpulkan bahwasannya model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan aplikasi android  dapat meningkatkan hasil belajar dan minat  siswa.

Diterbitkan
2024-12-28