PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN OZAMATH BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING

  • Tri Wulan Ningsih Universitas Wiralodra, Indonesia
  • Denni Ismunandar Universitas Wiralodra, Indonesia
  • Aminudin Aminudin SMA Negeri 1 Sindang
  • Iman Permana Hadi SMA Negeri 1 Sindang

Abstrak

Penggunaan media pembelajaran merupakan hal yang umum dalam proses pendidikan. Namun, media yang digunakan masih berupa buku, materi cetak, serta penelusuran halaman YouTube dan Google. Sumber belajar yang dibuat langsung dari bahan ajar belum digunakan di ruang kelas. Penelitian Tindakan Kelas mempunyai tujuan yaitu untuk meningkatkan hasil belajar dan minat siswa melalui penggunaan materi pembelajaran OzaMath berbasis Problem Based Learning (PBL). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metodologi yang digunakan; terdiri dari 2 siklus dengan 4 komponen tindakan: tahap persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat penelitian menggunakan survei untuk mengetahui minat belajar siswa dan penilaian formatif untuk menentukan hasil belajar. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas X-K SMAN 1 Sindang yang memperoleh pembelajaran materi SPLTV. Aplikasi pembelajaran OzaMath berbasis PBL berpotensi meningkatkan hasil belajar siswa, terbukti dari hasil analisis data yang mengungkapkan bahwa rata-rata 72,21 pada siklus I dan 99,52 pada siklus II. Dari hasil angket dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa meningkat, yaitu dari 48,14% pada siklus I menjadi 52,38% pada siklus II. Dengan demikian, bahan ajar OzaMath terbukti mampu meningkatkan minat belajar siswa.

Diterbitkan
2024-12-30