MEDIA EVALUASI QUIZIZZ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK MATERI DERET GEOMETRI

  • Mila Wati Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Uju Darmanto SMAN 2 Indramayu
  • Tatun Aplihah SMAN 2 Indramayu
  • Luthfiyati Nurafifah Universitas Wiralodra, Indramayu
Keywords: Media Evaluasi Quiziz, Deret Geometri, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Hasil belajar dan motivasi belajar matematika pada peserta didik masih terbilang rendah lantaran menganggap mata pelajaran matematika itu pelajaran yang sukar. Motivasi memiliki peran penting bagi keberhasilan belajar peserta didik yang mana motivasi belajar merupakan perasaan antusias yang tumbuh dari diri peserta didik ketika melakukan aktifitas pembelajaran. Peran pendidik sebagai fasilitator sangat dibutuhkan untuk mengelola kelas dengan baik, salah satunya pendidik dituntut kreatif dan inovatif dalam menyampaikan konsep matematika dengan menggunakan media pembelajaran. Media interaktif yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan aplikasi Quizizz dengan fitur evaluasi. Penelitian ini ditunjukkan untuk melihat adanya pengaruh media evaluasi Quizizz sebagai media belajar peserta didik pada pelajaran matematika kelas X SMA Negeri 2 Indramayu. Penelitian ini mempergunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, subjek yang digunakan 27 peserta didik. Keberhasilan pelaksanaan penelitian ini dinilai melalui penilaian tes dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar menggunakan media evaluasi Quizizz pada siklus I rata-rata 60 sementara itu untuk persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 25,9%. Pada siklus II rata-rata mencapai 78, sementara itu untuk persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 60% hal ini terlihat terdapat peningkatan sebesar 34%. Sedangkan analisis data hasil angket pada siklus I dengan rata-rata 3,43 > 3,00 dari 27 peserta didik yang mengikuti pembelajaran pada siklus I, yang dinyatakan memiliki motivasi belajar rendah sebanyak 5 peserta didik dan yang memiliki motivasi belajar tinggi sebanyak 22 peserta didik atau 81%, karena target motivasi belajar 75% jadi pada siklus I sudah mencapai kategori motivasi belajar cukup tinggi. Sedangkan pada siklus II dengan rata-rata 3,50 > 3,00 dari 25 peserta didik yang mengikuti pembelajaran pada siklus II, yang dinyatakan memiliki motivasi belajar rendah sebanyak 2 peserta didik dan yang memiliki motivasi belajar tinggi sebanyak 23 peserta didik atau 92%, karena target motivasi belajar 75% jadi, pada siklus II sudah mencapai kategori motivasi belajar tinggi. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Indramayu dari siklus I dan siklus II pada mata pelajaran Matematika materi deret geometri. Peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media evaluasi Quizizz mampu meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Indramayu pada mata pelajaran Matematika materi deret geometri

Published
2024-01-21
How to Cite
Wati, M., Darmanto, U., Aplihah, T., & Nurafifah, L. (2024). MEDIA EVALUASI QUIZIZZ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK MATERI DERET GEOMETRI. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 5(1), 101-114. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/236