MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII D DI SMPN 1 INDRAMAYU

  • Denni Ismunandar Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Ropikoh Universitas Wiralodra, Indramayu
Keywords: hasil belajar, minat belajar matematika, model pembelajaran kooperatif tipe make a match

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil dan minat belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMA Negeri 2 Indramayu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket yang bertujuan untuk mengukur minat belajar siswa dan tes formatif yang diberikan setiap siklusnya yang bertujuan untuk mengukur peningkatan hasil belajar matematika siswa. Hasil pengolahan data hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 47,12 dan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 65,00. Peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari siklus I sebanyak 8 dari 33 siswa atau 24% dengan kriteria ketuntasan rendah dan siklus II sebanyak 18 dari 33 siswa atau 55% kriteria ketuntasan sedang. Hasil pengolahan data minat siswa untuk siklus I diperoleh tingkat minat belajar kategori sangat tinggi dengan rata-rata 3,64 seluruh siswa memiliki minat belajar tinggi dari jumlah 33 siswa atau 100% dari target 75%. Siklus II terjadi peningkatan dari siklus I karena semua siswa yang mengikuti pembelajaran telah memiliki minat belajar kategori sangat tinggi dengan rata-rata 3,84 seluruh siswa memiliki minat belajar tinggi dari jumlah 33 siswa atau 100% dari target 75%

Published
2024-01-15
How to Cite
Ismunandar, D., & Ropikoh, R. (2024). MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII D DI SMPN 1 INDRAMAYU. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 5(1), 80-94. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/252