PROFIL KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PENGOLAHAN LIMBAH DAUR ULANG

  • Aden Yusuf Zakaria Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Lesy Luzyawati Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Desilia Senja SMAN 1 Indramayu
Keywords: kurikulum Merdeka, projek penguatan profil pelajar Pancasila, kreativitas, limbah daur

Abstract

kurikulum Merdeka menyediakan adanya pembelajaran berbasis proyek, untuk penguatan karakter profil pelajar Pancasila dan softskill. Kreatif adalah salah satu karakter penyusun elemen profil pelajar Pancasila. Salah satu sub tema dari P5 yang dilaksanakan yaitu pengelolaan limbah daur ulang. Kegiatan ini dengan membuat kerajinan berbahan dasar limbah daur ulang menjadi produk yang memiliki nilai kreatif. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X dan XI SMA Negeri 1 Indramayu dengan jumlah 859 orang. Sampel yang di ambil berjumlah 431 peserta didik kelas XI dengan Teknik purposive sampling. Dan Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, Teknik pengambilan sampel dan data tersebut didasarkan pada tujuan penelitian yaitu untuk melatih kreativitas siswa, yang dilakukan oleh siswa kelas XI. Instrument penelitian yang digunakan berupa rubrik penilaian kreativitas. penelitian ini bertujuan untuk melatif kreatifitas siswa dalam kegiatan P5,Penelitian yang dilakukan melalui tahapan-tahapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMAN 1 Indramayu dapat menumbuhkan kreativitas peserta didik melalui Kegiatan pembuatan kerajinan berbahan dasar limbah daur ulang menjadikan produk yang memiliki nilai kreatif.

Published
2025-01-01
How to Cite
Zakaria, A. Y., Luzyawati, L., & Senja, D. (2025). PROFIL KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PENGOLAHAN LIMBAH DAUR ULANG. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 6(1), 246-251. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/300