PENERAPAN LKPD PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

  • Parel Apandi Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Nur Subkhi Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Mohamad Supriyono SMAN 2 Indramayu
Keywords: LKPD, problem solving, hasil belajar, model pembelajar kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasisi problem solving dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini dilakukan di kelas XI disalah satu SMAN 2 Indramayu dengan melibatkan 27 siswa sebagai subjek penelitian. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui tes hasil belajar. LKPD yang dirancang berfokus pada penyelesaian masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan LKPD problem solving secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Data analisis Menunjukkan bahwa hasil penelitian penerapan LKPD problem solving dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini di tunjukan pada hasil rata-rata nilai N-Gain Skor yaitu 0.64 yang di kategorikan sedang dan N-Gain persen yaitu 64.58% yang mengindikasikan adanya peningkatakn pemahaman konsep setalah melakukan pembelajaran menggunakan LKPD problem solving. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan LKPD berbasisi problem solving dalam model pembelajaran kontekstual cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. penelitian ini diharapakan dapat memberikan kontribusi bagi guru dalam merancang pembelajaran yang lebih menarik dan relevan dengan kehidupan siswa.

Published
2025-01-01
How to Cite
Apandi, P., Subkhi, N., & Supriyono , M. (2025). PENERAPAN LKPD PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 6(1), 268-274. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/303