PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS VIDEO INTERAKTIF TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI SMAN 2 INDRAMAYU

  • Iqbal Firmansyah Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Nur Subkhi Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Pramini Wahyuningsih SMAN 2 Indramayu
Keywords: Problem Based Learning, Video Interaktif, Keaktifan Siswa

Abstract

Video interaktif adalah media pembelajaran yang memadukan teks, animasi, video, atau grafik yang saling berkaitan untuk  mengikuti prefensi  pengguna, menampilkan proyek multimedia serta dapat dikontrol yang dapat digunakan  sebagai salah satu media pembelajaran disekolah, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas X di SMAN 2 Indramayu. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbasis pada lesson study yang dilakukan sebanyak 1 siklus yang terdiri dari perencanaan , pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subje dari penelitian ini adalah siswa kelas X-11 di SMAN 2 Indramayu sebanyak 35 Siswa. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dan dibahas diketahui bahwa implementasi Video interaktif pada materi Bioteknologi ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Para siswa juga menginginkan bahwa penerapan pembelajaran ini dapat digunakan setiap saat pada pertemuan-pertemuan selanjutnya.

Published
2024-12-30
How to Cite
Firmansyah , I., Subkhi, N., & Wahyuningsih, P. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS VIDEO INTERAKTIF TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI SMAN 2 INDRAMAYU. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 6(1), 240-245. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/299