METODE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBASIS CLASH OF CHAMPIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI
Abstrak
Rendahnya hasil belajar trigonometri serta motivasi siswa menjadi tantangan dalam proses pembelajaran matematika sehingga diperlukan sebuah alternatif yang perlu digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode Team Games Tournament (TGT) berbasis Clash Of Champions dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan motivasi siswa pada materi trigonometri. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Indramayu menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Pada Kelas X-9 yang menjadi subjek penelitian. Instrumen penelitian berupa tes untuk mengukur hasil belajar matematika siswa serta angket untuk mengukur motivasi siswa, diberikan pada akhir setiap siklus. Data hasil belajar menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 68,56% pada siklus pertama menjadi 79,89% pada siklus kedua. Penggunaan Metode Team Games Tournament (TGT) berbasis Clash of Champions dapat meningkatkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Pada siklus I, 13 dari 36 siswa mencapai ketuntasan, tergolong rendah yaitu sebesar 36,11%, sementara pada siklus II, 29 dari 36 siswa mencapai ketuntasan, dan tergolong tinggi yaitu sebesar 80,56%. Data motivasi siswa pada siklus I menunjukkan variasi kriteria motivasi, dimana satu siswa memiliki motivasi sangat rendah, sepuluh siswa memiliki motivasi cukup tinggi, dan dua puluh lima siswa memiliki motivasi sangat tinggi dengan persentase 66,67%. Pada siklus II, satu siswa memiliki motivasi cukup tinggi, 30 siswa memiliki motivasi yang cukup tinggi, dan dua puluh lima siswa memiliki motivasi sangat tinggi dengan persentase 80,56%. Rata-rata peningkatan motivasi siswa antara siklus pertama dan kedua adalah 13,89%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Metode Team Games Tournament (TGT) berbasis Clash of Champions dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa