EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN METODE MIN MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI INOVASI TEKNOLOGI BIOLOGI DI KELAS X SMA NEGERI 2 INDRAMAYU

  • Atikah Atikah Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Eva Yuliana Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Pramini Wahyuningsih SMAN 2 Indramayu
Keywords: Kreativitas Siswa, Model Project Based Learning, Metode Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model project based learning (PjBL) dengan metode Mind Mapping meningkatkan kreativitas siswa pada materi inovasi teknologi biologi sub bab cloning pada hewan. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas X SMA Negeri 2 Indramayu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan lembar observasi kreativitas siswa dan kuesioner melalui google from. Analisis data menggunakan rata-rata presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas model project based learning menggunakan metode mind mapping cukup efektif dan dapat meningkatkan kreativitas siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata 76% kreativitas siswa dan efektivitas model project based learning mendapatkan perolehan nilai rata-rata 41,5% sehingga terbukti bahwa efektivitas model project based learning dengan metode mind mapping cukup efektif dan dapat meningkatkan kreativitas siswa.

Published
2024-02-03
How to Cite
Atikah, A., Yuliana, E., & Wahyuningsih, P. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN METODE MIN MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI INOVASI TEKNOLOGI BIOLOGI DI KELAS X SMA NEGERI 2 INDRAMAYU . Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 5(1), 185-194. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/256