PENERAPAN METODE CONTEKSTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARDAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TINGKAT SMP DI SMPN 1 SINDANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa Kelas VIII SMPN 1 Sindang dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar dan mengetahui kemampuan siswa dalam menggunakan metode Constektual Teaching and Lenrning dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. Dalam penelitian kali ini hanya terdapat satu kelas, maka subjek penelitian ini adalah kelas VIII-H yang berjumlah 34 orang dan yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H untuk menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket siswa yang bertujuan untuk mengukur keaktifan dan tes formatif yang diberikan setiap siklusnya bertujuan untuk mengukur peningkatan hasil belajar matematika siswa. Dari analisis yang dilakukan menggunakan tes, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan apabila bentuk bangun ruang sisi datar tersebut menggunakan tiga bilangan karena hasil penjumlahan nya yang cukup sulit. Letak kesalahan yang sering dilakukan siswa yaitu kesalahan dalam memahami soal menggunakan Constektual Teaching and Lenrning , dan kesalahan memahami konsep bangun ruang sisi datar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar disebabkan oleh kesalahan siswa dalam memahami soal, memahami konsep bangun ruang sisi datar dan penguasaan prosedur bangun ruang sisi datar dengan tabel Constektual Teaching and Lenrning