EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Adi Wantono Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Dwi Fauzi Rahman Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Erti Wiyati SMAN 1 Lohbener, Indramayu
Keywords: Media pembelajaran, Augmented Reality

Abstract

Augmented Reality (AR) adalah teknologi terbaru yang bisa merevolusi cara kita belajar. Dengan menggabungkan dunia nyata dan digital, AR membuat pembelajaran menjadi lebih hidup dan mudah diingat. Media pembelajaran dengan pemanfaatan Augmented reality merupakan suatu alat perantara antara pendidik dengan peserta didik dalam pembelajaran yang mampu menghubungkan, memberi informasi dan menyalurkan pesan sehingga tercipta proses pembelajaran efektif dan efisien. bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media pembelajaran berbasis Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA N 1 Lohbener dengan kelas XC sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai N-Gain sebesar 59%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis Augmented Reality terbukti cukup efektif terhadap hasil belajar siswa.

Published
2024-12-30
How to Cite
Wantono, A., Rahman, D. F., & Wiyati, E. (2024). EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 6(1), 302-308. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/308