EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstrak
Augmented Reality (AR) adalah teknologi terbaru yang bisa merevolusi cara kita belajar. Dengan menggabungkan dunia nyata dan digital, AR membuat pembelajaran menjadi lebih hidup dan mudah diingat. Media pembelajaran dengan pemanfaatan Augmented reality merupakan suatu alat perantara antara pendidik dengan peserta didik dalam pembelajaran yang mampu menghubungkan, memberi informasi dan menyalurkan pesan sehingga tercipta proses pembelajaran efektif dan efisien. bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media pembelajaran berbasis Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA N 1 Lohbener dengan kelas XC sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai N-Gain sebesar 59%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis Augmented Reality terbukti cukup efektif terhadap hasil belajar siswa.