MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA

  • Kholifatun Nazilah Universitas Wiralodra
  • Mellawaty Mellawaty Universitas Wiralodra
  • Misbahussurur Misbahussurur MAN 1 Indramayu

Abstrak

Minimnya pencapaian belajar dan ketertarikan siswa terhadap materi sudut pusat dan sudut keliling lingkaran menjadi hambatan dalam pembelajaran matematika, sehingga diperlukan solusi alternatif yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari penerapan model Cooperative Learning Tipe Index Card Match terhadap peningkatan hasil belajar dan minat belajar siswa pada materi ssudut pusat dan sudut keliling lingkaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselenggarakan di MAN 1 Indramayu. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui Pendekatan observasi dan penilaian. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas XI-6 dengan jumlah 27 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata pencapaian belajar pada siklus I mencapai. 68,16 dengan persentase ketuntasan sebesar 53,13%. Pada siklus II, rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 79,04 dengan persentase ketuntasan sebesar 78,13%. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning tipe Index Card Match dapat memperbaiki hasil belajar dan minat siswa kelas XI-6 MAN 1 Indramayu dalam pembelajaran matematika pada materi sudut pusat dan sudut keliling. 

Diterbitkan
2024-12-29