PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED DAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS DITINJAU DARI TINGKAT SELF CONFIDENCE

  • Siti Khodijah Universitas Wiralodra
  • Runisah Universitas Wiralodra
  • Mellawaty Universitas Wiralodra
Keywords: Open ended, means ends analysis, representasi matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan
representasi matematis siswa 1) Berdasarkan model pembelajaran, 2) Berdasarkan tingkat Self
Confidence 3) Berdasarkan interaksi model pembelajaran dengan tingkat self confidence.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII pada salah satu SMP Negeri di
kabupaten Indramayu tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diambil sebanyak dua kelas
menggunkan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah tes kemampuan representasi untuk mengukur kemampuan siswa dan angket skala sikap
self confidence. Analisis data yang digunakan yaitu ANAVA dua jalan. Hasil penelitian
menunjukan bahwa 1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi berdasarkan model
pembelajaran, 2) Terdapat perbedaan kemampuan representasi berdasarkan tingkat self
confidence, 3) Terdapat perbedaan kemampuan representasi berdasarkan interaksi antara model
pembelajaran dan tingkat self confidence.

Published
2019-11-19
How to Cite
Khodijah, S., Runisah, & Mellawaty. (2019). PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED DAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS DITINJAU DARI TINGKAT SELF CONFIDENCE. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 68-73. https://doi.org/10.5281/zenodo.3648145

Most read articles by the same author(s)