RISET KERELIGIUSAN DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA; STUDI PENDAHULUAN PADA KELAS XI MIPA DI MAN 1 BATANGHARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan sebagai studi awal dalam mengidentifikasi kereligiusan dan pemahaman konsep pada pembelajaran fisika di kelas XI MIPA MAN 1 Batanghari tahun ajaran 2021/2022. serta upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Informasi yang diperoleh penting untuk mengetahui kereligiusan dalam belajar fisika dan konsep yang sulit dipahami dengan baik. sehingga nantinya dapat menentukan pemilihan media, model serta strategi pembelajaran yang tepat untuk mencegah permasalahan terjadi kembali. penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan diambil melalui wawancara guru, siswa, dan penyebaran angket. Yang dilaksanakan mulai bulan November-Desember 2021. Responden meliputi 51 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keenam indikator kereligiusan, peserta didik kelas XI MIPA di MAN 1 Batanghari hanya satu indikator yang memiliki kriteria baik, yaitu pada indikator akhlak. Selebihnya untuk indikator ibadah, ikhlas, jujur, dan tanggung jawab di pembelajaran fisika memperoleh kriteria tidak baik. Sedangkan pada tiga indikator pemahaman konsep disimpulkan bahwa dalam ketiga indikator tersebut diperoleh kriteria tidak baik. Hal ini terjadi karena keseluruhan peserta didik XI MIPA di MAN 1 Batanghari mengalami kesulitan dalam pemahaman pembelajaran fisika, sehingga peserta didik tidak mengingat kembali materi yang telah dipelajari.