ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SISTEM EKSKRESI BERDASARKAN LITERASI SAINS

  • Sumini Universitas Wiralodra
  • Anilia Ratnasari Universitas Wiralodra
Keywords: perangkat pembelajaran, sistem ekskresi, literasi sains

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan dari suatu
proses pembelajaran. Untuk itu, analisis perangkat pembelajaran perlu dilakukan karena diharapkan
terjadinya peningkatan pemahaman sains yang pada akhirnya dapat meningkatkan literasi sains siswa.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat literasi sains pada perangkat pembelajaran sistem
ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah perangkat
pembelajaran yaitu terdiri dari RPP, materi ajar dan media pembelajaran pada materi sistem ekskresi.
Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu
lembar observasi yang berisi indikator literasi sains yang diadopsi dari Gormally (2012). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa analisis indikator literasi sains pada perangkat pembelajaran diperoleh sebagai
berikut: (1) mengidentifikasi pendapat ilmiah yang valid 79,2% kategori baik, (2) melakukan penelusuran
literatur yang efektif 83,3% kategori baik, (3) memahami elemen-elemen desain penelitian 75% kategori
baik, (4) membuat grafik secara tepat dari data 33,3% kategori tidak baik, (5) memecahkan masalah
menggunakan keterampilan kuantitatif, termasuk statistik dasar 41,7% kategori cukup, (6) memahami dan
menginterpretasikan statistik dasar 58,3% kategori cukup, dan (7) melakukan inferensi, prediksi, dan
penarikan kesimpulan berdasarkan data kuantitatif 58,3% kategori cukup. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran materi sistem ekskresi memperoleh kategori “baik” sehingga
dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.

Published
2019-11-19
How to Cite
Sumini, & Ratnasari, A. (2019). ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SISTEM EKSKRESI BERDASARKAN LITERASI SAINS. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 137-144. https://doi.org/10.5281/zenodo.3648405