PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII

  • S. W. N. Khasanah Universitas Swadaya Gunung Jati
  • M. Danumihardja Universitas Swadaya Gunung Jati
  • J. F. Raharjo Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Cita Dwi Rosita Universitas Swadaya Gunung Jati
Keywords: Contextual Teaching and Learning, Aplikasi Kahoot, Kemampuan Pemahaman Matematis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman matematis
siswa dalam mengaitkan suatu konsep ke konsep lain pada topik matematika. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan aktivitas, peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan respon siswa
selama pembelajaran menggunakan model CTL berbantuan aplikasi kahoot. Populasi dalam penelitian
yaitu seluruh siswa kelas VIII pada salah satu SMP Negeri di Kabupaten Cirebon. Sampel yang
digunakan sebanyak 36 siswa (kelas eksperimen) dan sebanyak 35 siswa (kelas kontrol). Metode
Penelitian yang dilaksanakan menggunakan metode eksperimen. Data penelitian diperoleh dari hasil
observasi, nilai pretest-posttest, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
aktivitas siswa pada kelas eksperimen menunjukkan model CTL berbantuan aplikasi kahoot
sangat baik dengan rata-rata sebesar 88,80%. (2) Penerapan model CTL berbantuan aplikasi
kahoot dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan hasil rata-rata uji
N-gain sebesar 0,70. (3) Respons siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model
CTL berbantuan aplikasi kahoot rata-rata sebesar 85,30% dengan interpretasi sangat baik.

Published
2019-12-04
How to Cite
Khasanah, S. W. N., Danumihardja, M., Raharjo, J. F., & Rosita, C. D. (2019). PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 259-263. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/37