PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X 4 SMA NEGERI 1 INDRAMAYU

  • Putri Slamet Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Lesy Luzyawati Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Dessilia Senja SMAN 1 Indramayu

Abstrak

Pendidikan merupakan elemen utama yang menentukan kemajuan suatu negara. Namun, kualitas pendidikan di Indonesia saat ini masih tergolong rendah, yang disebabkan oleh berbagai hambatan belajar yang dialami oleh peserta didik, termasuk kejenuhan belajar. Kejenuhan ini memengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa secara negatif. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan pendekatan kreatif dalam pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran yang inovatif. Salah satu model pembelajaran yang efektif adalah Make a Match. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-4 SMAN 1 Indramayu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-experimental berupa One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian melibatkan 30 siswa kelas X-4, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pretest dan posttest untuk mengukur penguasaan materi sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Indramayu. Hal ini terlihat dari persentase pencapaian KKM di Siklus II sebesar 88%, yang mana sudah mencapai indikator pencapaian hasil (IPH) ≥ 75%.

Diterbitkan
2024-12-30