PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL INDRAMAYU DENGAN TIDAK BERBASIS BUDAYA LOKAL INDRAMAYU BERBANTUAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan bahan ajar matematika berbasis budaya lokal indramayu berbantuan STAD; (2) kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan bahan ajar matematika tidak berbasis budaya lokal indramayu berbantuan STAD; dan (3) kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan bahan ajar matematika berbasis lebih baik daripada bahan ajar matematika tidak berbasis budaya lokal indramayu. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Lelea Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel kelas diambil sebanyak dua kelas dengan teknik Cluster Random Sampling dengan cara diundi. Kemudian terpilih kelas VII H dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen I yang menggunakan bahan ajar matematika berbasis budaya lokal indramayu berbantuan STAD dan kelas VII G dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen II yang menggunakan bahan ajar matematika tidak berbasis budaya lokal indramayu berbantuan STAD. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan: (1) siswa yang menggunakan bahan ajar matematika berbasis budaya lokal Indramayu berbantuan STAD diperoleh skor maksimum 14 dan skor minimum 3,5 dari skor maksimal ideal 16, skor rata-rata 10,21, varians 9,21, dan simpangan baku 3,03; (2) siswa yang menggunakan bahan ajar matematika tidak berbasis budaya lokal Indramayu berbantuan STAD diperoleh skor maksimum 14 dan skor minimum 3 dari skor maksimal ideal 16, skor rata-rata 8,44, varians 11,35, dan simpangan baku 3,37; dan (3) bahan ajar matematika berbasis lebih baik daripada bahan ajar matematika tidak berbasis budaya lokal indramayu. Dengan demikian, bahan ajar matematika berbasis budaya lokal Indramayu dapat diterapkan oleh guru sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.