ANALISIS SOAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VII BERDASARKAN PADA TAKSONOMI BLOOM REVISI

  • Rosyadi Rosyadi Universitas Wiralodra
  • Wahyudi Fahreza
  • Sudirman Sudirman
Keywords: Analisis Soal, Buku Teks Matematika, Taksonomi Bloom Revisi

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan merepresentasikan tingkat proses kognitif pada soal yang terdapat dalam buku teks matematika SMP kelas VII semester 2 berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, karena dalam penelitian ini melakukan analisis untuk mendeskripsikan tingkatan dalam Taksonomi Bloom Revisi yaitu dimensi proses kognitif pada soal mata pelajaran Matematika. Selain itu, penelitian ini untuk mendeskripsikan persentase di setiap tingkatan Taksonomi Bloom Revisi pada soal uji kompetensi pelajaran Matematika. Soal uji kompetensi ini akan dicermati, diobservasi, dan kemudian dianalisis. Subjek dalam penelitian ini adalah soal-soal uji kompetensi semester 2 pada buku teks matematika kelas VII kurikulum 2013 revisi 2017 yang disusun oleh Abdur Rahman Asy’ari. Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa buku teks matematika kelas VII semester 2 kurikulum 2013 tahun 2017 (Edisi Revisi) terdiri dari 150 soal dengan 201 pertanyaan pada soal uji kompetensi setiap bab, mengacu Taksonomi Bloom Revisi didapatkan persentase tingkat kognitif dengan rincian C1 (Mengingat) 0%; C2 (Memahami) 27,86%; C3 (Menerapkan) 47,26%; C4 (Menganalisis) 22,4%; C5 (Menilai) 2,49%; dan C6 (Mencipta) 0%. Adapun saran-saran yang dapat dikemukakan dari hasil penelitian ini adalah: 1). Untuk komposisi persentase tingkat kognitif pertanyaan dari soal uji kompetensi buku teks matematika SMP kelas VII semester 2 kurikulum 2013 masih belum memenuhi keseimbangan tingkat kesulitan soal 3 : 4 : 3, sebaiknya soal mudah (C1 – C2) 30% atau 60 pertanyaan, soal sedang (C3 – C4) 40% atau 81 pertanyaan, dan soal sulit (C5 – C6) 30% atau 60 pertanyaan. 2). Penelitian ini hanya mencakup 5 pokok bahasan yang berkaitan dengan materi yang ada di buku SMP Kelas VII Semester 2 saja, sehingga bagi peneliti lain bisa di tambahkan lagi beberapa pokok bahasanya. 3). Bagi penulis dan penerbit buku siswa matematika, penelitian ini dapat dijadikan masukan dalam menyusun soal uji kompetensi terhadap siswa, sehingga soal yang disusun dapat memenuhi semua tingkat kognitif dalam taksonomi bloom. 4). Bagi peneliti lain, hasil akhir skripsi dari penelitian ini dapat dijadikan tambahan informasi ketika melakukan penelitian yang serupa. 

Published
2022-01-30
How to Cite
Rosyadi, R., Fahreza, W., & Sudirman, S. (2022). ANALISIS SOAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VII BERDASARKAN PADA TAKSONOMI BLOOM REVISI. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 268-274. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/163

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>