PENERAPAN MODEL TALKING STIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN SMA 2 INDRAMAYU

  • Fivin Eliyani Universitas Wiralodra
  • Nur Subkhi Universitas Wiralodra
  • Sari Ayu Trisna SMA Negeri 2 Indramayu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Talking Stick terhadap motivasi belajar siswa pada materi sistem pencernaan di SMAN 2 Indramayu. Dengan menggunakan desain kuantitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui angket motivasi yang disebarkan kepada 31 siswa kelas XI-3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa mencapai 78,03 yang termasuk dalam kategori baik. Penerapan model Talking Stick terbukti dapat meningkatkan interaksi siswa dan menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, sehingga memotivasi siswa untuk belajar lebih baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model Talking Stick efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran lainnya.

Diterbitkan
2024-12-29