PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA

  • Suci Ilmiyah Universitas Wiralodra
  • Idah Hamidah Universitas Wiralodra
  • Lissa Lissa Universitas Wiralodra
  • Suparto Suparto MAN 1 Indramayu
Keywords: Discovery Learning, Berpikir Kritis, Inovasi Teknologi Biologi

Abstract

Kemampuan berfikir kritis siswa masih belum optimal hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan belum melatih kemampuan berfikir kritis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa adalah model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif.  Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X-8 MAN 1 Indramayu  tahun ajaran  2024 / 2025 yang berjumlah  24 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebanyak 10,4%  siswa menunjukkan tingkat peningkatan pembelajaran sedang (sedang) 80%, dan peningkatan pembelajaran individu tertinggi adalah 70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Published
2025-01-03
How to Cite
Ilmiyah, S., Hamidah, I., Lissa, L., & Suparto, S. (2025). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 6(1), 282-288. Retrieved from https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/309

Most read articles by the same author(s)